Balai Taman Nasional Gelar Lokakarya Penegakan Hukum Kehutanan

Balai Taman Nasional Gelar Lokakarya Penegakan Hukum Kehutanan

by July 22, 2016

Bone Bolango, InfoPublik – Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) bekerjasama dengan Enhancing Protected Area System in Sulawesi (EPASS) menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Penegakan Hukum Kehutanan, di Hotel Maqna Kota Gorontalo, 22-23 Juli 2016.

Kegiatan tersebut, dirangkai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) untuk perlindungan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Balai TNBNW Ir. Noel Layuk Allo, MM mengatakan berbagai macam masalah dan ancaman yang dihadapi oleh TNBNW dalam hal pengamanan dan perlindungan kawasan TNBNW, baik dari segi illegal loging, perburuan liar, perambahan hutan, penebangan liar, penambangan liar atau Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Selain itu, juga pembakaran hutan, serta masih banyak hal lain yang merupakan pelanggaran di bidang Tindak Pidana Kehutanan (Tipihut).

Oleh karena itu, salah satu solusi untuk mengurangi masalah dan ancaman tersebut pihak TNBNW perlu melakukan kerjasama dengan stakeholder terutama dengan pihak penegak hukum yaitu Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, dan bahkan juga melakukan kerjasama dengan Kodim setempat di dalam rangka pelestarian kawasan TNBNW.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu mengurangi masalah dan ancaman terhadap TNBNW, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Bone Bolango Joko Wibisono, Kepala Dinas Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Bone Bolango Jumaidil, unsur Polres Bone Bolango, unsur Balai TNBNW, unsur Pengadilan Negeri Gorontalo, unsur Balai Penegakan Hukum Lingkungan dan Kehutanan, BPDAS Bone Bolango. (Hms/Kadir/toeb).

 

Source: http://infopublik.id/read/164625/balai-taman-nasional-gelar-lokakarya-penegakan-hukum-kehutanan.html