Balai TNBNW Gelar Lokakarya

Balai TNBNW Gelar Lokakarya

by June 22, 2016

Bone Bolango, InfoPublik – Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dengan luas 282.008,757 hektar merupakan Taman Nasional daratan terbesar di Pulau Sulawesi dan memiliki keanekaragaman hayati dengan keendemikan yang sangat penting secara global.

“Selain itu, TNBNW menyediakan jasa lingkungan yang bermanfaat bagi lebih dari 400 ribu penduduk di Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo,”ungkap Kepala Balai TNBNW Ir. Noel Layuk Allo, MM melalui Field Coordinator Enhancing Protected Area System in Sulawesi (EPASS) Elisabet Purastuti pada kegiatan lokakarya konsultasi para pihak untuk identifikasi Kawasan Penyangga Potensial Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di Hotel Amaris Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (22/6).

Elisabet Purastuti juga mengatakan, tujuan dari kegiatan lokakarya tersebut di antaranya, melakukan konsultasi dan diskusi bersama para pihak terkait tentang pengelolaan kawasan TNBNW, khususnya daerah penyangga, yakni kondisi terkini baik potensi maupun permasalahan yang ada, melakukan identifikasi dan pemetaan para pihak yang bekerjasama di TNBNW, khususnya di kawasan penyangganya, dan melakukan identifikasi dan pemetaan lokasi-lokasi potensial dan prioritas di kawasan penyangga TNBNW untuk dikembangkan bersama para pihak.

Sementara itu, output yang diharapkan pada kegiatan lokakarya ini antara lain adalah adanya data dan informasi potensi TNBNW yang dapat dikembangkan bersama para pihak dalam mendukung konservasi TNBNW, terutama di kawasan penyangga, beserta permasalahan yang ada.

“Selain itu, adanya data informasi berupa rencana kerja dan peta wilayah kerja dari para pihak terkait pengelolaan TNBNW, khususnya di kawasan penyangga, dan adanya data, informasi dan peta lokasi prioritas yang potensial untuk dilakukan kerjasama oleh berbagai pihak dalam mendukung konservasi TNBNW,”tutupnya. (MC.Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)

Sumber: http://infopublik.id/read/161605/balai-tnbnw-gelar-lokakarya-.html